10 Perusahaan Logistik Terkenal di Dunia

Secara sederhana logistic merupakan perpindahan suatu barang dari tempat ke A ke tempat B untuk dalam tujuan bisnis.

Bagian ini menjadi bagian yang penting karena dalam supplu chain harus dipastikan bahwa aliran barang awal harus sampai di tujuan dengan lancar.

Logistic juga dapat diartikan sebagai ilmu yang melakukan mulai dari proses penyimpanan, pemeliharaan, hingga penyaluran. Penghapusan terhadap barang juga salah satu dari aktivitas logistic.

Di dalam ekonomi, logistic ini tak hanya dalam membicarakan tentang perpindahan barang saja, tepapi mencakup juga pengelolaan waktu dan informasi.

Di dunia ini terdapat banyak perusahaan logisitk yang disebut juga dengan 3PL (Third Party Logistic). Perusahaan ini menangani beberapa dari aspek manajemen.

10 Perusahaan Logistik di Indonesia

Dengan meningkatnya perdagangan global di setiap negara berkembang yang di ikuti oleh kemajuan infrastruktur dan ditambah dengan kemajuan teknologi menjadi faktor yang bisa meningkatkan pertumbuhan pasar logistik.

Ketika perdangan internasional tinggi, maka penggunaan layanan logistic pun akan meningkat.

Karena itu banyak perusahaan logistic yang baru. Berikut ini ada 10 perusahaan logistik yang terkenal dengan pendapatan yang besar.

1.UPS

Perusahaan logisitik ini berasal dari amerika yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun. Layanan yang ditawarkan meliputi konsultasi, pengiriman, dan pengangkutan.

Beberap tahun lalu, UPS ini menghasilkan sekitar 60 miliar USD karena pengaruh penjualan Ebay dan Amazon.

2.SNCF

Perusahaan ini merupakan perusahaan kereta api yang dimiliki oleh Perancis. Layanan yang diberikan ini meliputi pengangkutan dan pengiriman barang, optimalisasi supply chain. Lebih dari 3 juta kendaraan mengangkut setiap tahunnya.

3.DHL

Beberapa tahun lalu, pendapatan perusahan ini mencapai 57 miliar Euro dan beroerasi di 3 benua yaitu Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik.

Layanan yang diberikan pun meliputi bea cukai, asuransi, hingga penyimpanan dan distribusi.

4.FedEx

Perusahaan ini terkenal dengan pengimiran yang dapat sampat hanya dengan sehari semalam.

Ada berbagai layanan yang ditawarkan yaitu post-delivery, pengiriman kilat dan pengiriman barang. FedEx pernah menghasilkan 60 miliar USD pada tahun 2017.

5.Kuehne + Nagel

Layanan yang ditawarkan perusahaan ini berupa pengiriman melalui udara,laut hingga darat. Kuehne + Nagel juga menjadi perusahaan dengan pengiriman jalur laut terbaik di dunia.

6.Nippon Express

Perusahaan ini berpusat di Tokyo Jepang, yang memperkerjakan lebih dari 30.000 karyawan. Spesialisasi dari Nippon Express ini yaitu pengangkutan barang-barang berat

7.DB Schenker

Perusahaan ini menawarkan layanan pada indsutri yang kompleks seperti gas, minyak, kelautan dan dirgantara. BD Schenker mempunyai 2000 lokasi di seluruh dunia.

8.C.H. Robinson

Perusahaan ini menyediakan jasa pengankutan kendaraan bermotor, kereta api hingga angkutan udara dan laut, dan berpusat di Minnesota.

9.CEVA

Melayani sektor energi terbesar di 950 lokasi di seluruh dunia. CEVA pernah menghasilkan pendapatan sekitar 7 miliar USD.

10.Panalpina

Perusahaan ini merupakan perusahaan logistic asal Swiss yang memiliki 500 kantor di 70 negara. Panalpina melayani beberapa industry seperti baju, mobil, bahan kimia, telekomunikasi, konsumsi hingga ritel.

Pasar logistik global pasti akan terus meningkat dan persaingan pun akan semakin ketat. Dengan kemajuan setiap negara, akan banyak muncul perusahaan-perusahaan baru dan pastinya selalu ada tantangan di setiap tahunnya.

Kira-kira perusahaan logistic yang dimiliki Indonesia sudah maju seperti perusahan-perusahaan diatas belum ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *