JASA LOGISTIK DI TENGAH PANDEMIC

Selama pandemic covid-19 ini kita diharuskan untuk beraktivitas dirumah. Selain itu Mall ataupun tempat perbelanjaannya banyak yang harus ditutup karena anjuran dari pemerintah.

Dengan kondisi seperti ini, agak sulit untuk kita ketika ingin berbelanja kebutuhan. Dengan adanya pandemic ini, telah mengubah cara belanja dan sistem transaksi pada masyarakat.

Perkembangan Jasa Logistic Di Masa Pandemic

Perubahan perilaku ini sangat mendorong pertumbuhan jasa logistik.
Tetapi jangan salah, malah dengannya adanya pandemic ini, banyak online store yang diuntungkan karena banyaknya permintaan dari pelanggan dan akibatnya bisnis jasa logisitk ini juga meningkat.

Lonjakan ini sempat membludak apalagi ketika sedang menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Beberapa bulan lalu, ketika masa lockdown, kita di beri kemudahan untuk mencari beberapa barang yang kita butuhkan dan masyarakat pun jadi terbiasa untuk belanja melalui sistem online.

Selain itu penumpang yang biasanya memakai transportasi darat dan udara di batasi, makadari itu mereka berfokus untuk angkut logistic.

Upaya ini dilakukan agar bisa memutus penyebaran virus ini, dan juga pemerintah ingin memastikan bahwa semua barang kebutuhan masyarakat bisa sampai tujuan dengan selamat.

Apabila jasa ini diberhentikan sementara oleh pemerintah, yang ada ekonomi negara kita semakin kacau.

Melonjaknya jasa logistic ini dipicu oleh banyaknya online shop yang muncul, karena salah satu upaya agar barang bisa sampai kepada tangan konsumen yaitu melalui jasa ini.

Apalagi bisnis e-commerce dan logistic sedang tumbuh dengan pesat. Hal ini juga dikarenakan masyarakat harus mematuhi physical distancing dan beralih kepada belanja E-Commerce.

Hal ini akan membuat pendapatan dari perusahaan logistic semakin meningkat, karena setiap hari terdapat ribuan barang yang dikirim melalui jasa ini.

Selain pengiriminannya mudah, harganya juga sangat terjangkau. Karna salah jasa ini merupakan salah satu penguhubung antara penjual dan pembeli.

Namun kondisi ini tidak selalu lancar di lakukan, karena setiap pengimriman antar pulau akan membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama dan terkadang terjadi hambatan-hambatan di pelabuhan.

Terkait dengan pengiriman jarak jauh ini, tarif yang dikeluarkannya juga pasti lebih besar. Selain itu teknologi dan jaringan internet di setiap wilayah masih belum merata, apalagi yang jauh dari pusat kota. Kondisi ini tentunya akan berdampak bagi jasa logistic dalam hal pengiriman.

Terkadang ada juga beberapa kendala dalam pengiriman barang ini, seperti barang tidak sampai ke tangan konsumen, pengiriman yang lewati batas waktu, salah alamat dll.

Itu yang harus di tingkatkan kepada setiap jasa logistik, sebab hal utama yang harus di perhatikan yaitu bagaimana pelayanan yang diberikannya.

Pada masa pandemic ini juga, banyak komplek perumahaan yang melakukansistem lockdown terutama di wilayah DKI Jakarta.

Dengan banyaknya masyarakat yang menerapkan sistem ini mengakibatkan setiap kurir yang mau mengirim paket menjadi kebingungan. Pada akhirnya kurir hanya melakukan pengiriman di titik poin tertentu ataupun di pos satpam.

Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia di hebohkan dengan munculnya video dimana salah satu karyawan perusahaan logistic yang bekerja tidak sesuai prosedur.

Terkadang mereka seenaknya dalam hal pengantaran barang. Video itu menampilkan bagaiaman seorang pegawai yang bekerja secara asal-asalan seperti melempar barang ke dalam mobil pengiriman dan perlakuan kasar lainnya. 

Seharusnya setiap pegawai ekspedisi itu bisa menghargai paket pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik saat melakukan pengiriman agar konsumen pun loyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *