JENIS PERUSAHAAN LOGISTIK DAN MENJADI PERUSAHAAN TERBAIK DI INDONESIA

Belakangan ini perusahaan logistik telah berkembang sangat pesat di Indonesia dan menjadi salah satu perkembangan yang sangat baik .

Hal tersebut sangat di dukung dengan adanya bisnis online yang tersebar dimanapun. Belum lagi dengan adanya e-commerce, logistic ini menjadi hal yang sangat penting di dunia perdagangan.

Perusahaan Logistic Di Indonesia

Pertumbuhan bisnis logistic bisa mencapai Rp 40 triliun pertahunnya, oleh karena itu logistic ini sangat berpeluang besar dalam hal bisnis.

Sejak pertama perusahaan logistic muncul pasti mendapatkan aliran dana seperti Waresix dan Ritase.

Begitupun dengan startup logistic dari Singapur yang mendapatkan aliran dana juga. Katanya nih, TheLorry atau startup logistik asal Malaysia akan masuk juga ke Indonesia.

Namun banyak yang menyayangkan ketika perusahaan logistikhanya berada di dare transportasi saja.

Padahal untuk menekan biaya logistik perlu doroangan dari aspek lain seperti pengeriman dan pergudangan. Berikut ini ada beberapa jenis perusahaan logistik,

Beberapa tahun silam, ketika ingin mengirim barang rasanya sangat repot karena jasa logistic yang tersedia pada waktu itu sangat terbatas.

Pos Indonesia adalah salah satu contohnya yang dimiliki oleh pemerintah dan Tiki yang dikuasai oleh swasta cukup berkembang pada saat itu.

Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak perusahana logistic yang bermunculan dan sudah ditawarkan oleh berbagai perusahaan ternama.

Pengirmian dokumen dan barang pun akan jauh lebih cepat dan mudah karena banyaknya pilihan perusahan logistik dengan jasa yang sudah di siapkan seperti memlaui dara, laut, maupun udara.

Biro perjalanan pun sudah memasuki ke industry logistic untuk penawaran layanan pengiriman barang.

Jenis-jenis ini bisa kamu kondisikan untuk menggunakan yang mana, misalnya mau pilih yang perjalanan darat saja atau lewat udara saja.

Perusahaan logistic dibedakan menjadi tiga kategori yaitu:

  • Lead service provider (LSP) atau Basic service. Perusahaan ini hanya menyediakan satu jenis layanan seperti pengelolaan warehouse atau jasa kurir. 
  • Three party logistics (3PL), yaitu perusahaan jasa warehouse dan forwarding yang bekerjasama  dengan perusahaan transportasi, untuk proyek distribusi barang hingga ke pengelolaan gudang. 
  • Lead logistics provider atau LLP, yang mana semua proses distribusinya dilakukan oleh satu perusahaan.

Untuk menjadi perusahaan logistik terbaik di Indonesia ternyata ada prasyarat yang harus dipenuhi contohnya jumlah armada yang banyak, harga murah, dan pilihan jasa yang ditawarkan banyak, serta adanya perlinungan dari pelanggan yang didukung ole pemanfaatan tekonologi tinggi.

Lalu apa saja perusahana logistic terbaik di Indonesia?

1.Pos Indonesia

Perusahan ini merupakan perusahaan BUMN yang dimana melayani dalam penjualan perangko.

Tidak usah diragukan lagi dengan jasa pengiriman dari Pos Indonesai ini karena sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu.

Pos Indonesia pun sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengiriman barang. Pos Indonesia juga memberikan layanan pengiriman dokumen apapun hinga pengiriman uang.

2.JNE

JNE salah satu perusahaan yang cukup banyak dikenal dan telah berkembang di bidang jasa ekspedisi. JNE sendiri telah memmpunyai sistem pemasaran dan distribusi yang ga kalah hebat.

Perusahaan inipun sudah memanfaatkan tekonologi mutakir, sehingga bisa di andalkan serta sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

3.J&T

Walaupaun J&T adalah perusahaan jasa pengiriman yang baru lahir di tahun 2015, namun J&T telah membuktikan bahwa dirinya bisa bersaing dengan pesaning jasa-jasa pengiriman lainnya.

Selain pengirimannya termasuk cepat, biayanya pun murah. Dengan J&T kamu pun bisa melakukan pengiriman paket seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *