PERUSAHAAN LOGISTIK TERKENAL DI INDONESIA

1.POS Indonesia

POS Indonesia merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang layanan pos atau kita kenal dengan PT. Pos Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 1746. Pos Indonesia ini memiliki 2 ruang lingkup bisnisnya yaitu Jasa Keuangan (Jaskug) dan Bisnis Surat Paket (BSP).

Beberapa jasa yang di mereka tawarkan logistic, kargo, Paket Pos, Surat Pos, Giro Pos, Wesel Pos dan masih banyak jasa lainnya. Namun jika ingin lebih spesifik pada jasa logistik, Pos Indonesia memiliki anak perusahaan yang menyediakan jasa logisik terbaik di Indonesia yaitu PT Pos Logistics Indonesia.

2.SiCepat

SiCepat merupakan salah satu jasa logistic yang banyak diminati selain J&T dan JNE. SiCepat ini merupakan perusahaan yang pertumbuhan konsumennya bisa meningkat secara cepat karena bisa memberikan jasa yang baik. Kalau kalian tau, SiCepat ini udah hadir sejak 2004 silam namu mereka hanya menyediakan jasa darat dan udara saja.

Moto perusahaan yang satu ini adalah “Your Delivery is Our Priority”, SiCepat ini sudah menjadi partner terpercaya bagi setiap bisnis online ataupun e-commerce di selururh Indonesia. Sesuai dengan namanya, memang SiCepat ini bisa mengantarkan barang ke alamat konsumennya lebih cepat. Sehingga SiCepat ini bisa mengantarkan barang kurang dari 15 jam untuk antar kota di dalam Jabodetabek.

3.JNE

Perusahaan yang didirakan pada 26 November 1990 ini memiliki nama perusahaan resmi yaitu PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Perusahaan ini awalnya berdiri sebagai sebuah divisi dari PT Citra Van Titipan Kilat, dimana menyediakan jasa untuk mengurusi jaringan kurir secara internasional karena kegiatannya terpusat untuk keigatan kepabeanan/impor atau kiriman barang dari luar negeri ke Indoneia.

Saat persaingan semakin meningkat, membuat JNE harus bisa expand lebih luas lagi dijaringan domestiknya. Dengan jalur ini, JNE bisa memperluas layanannya dengan distribusi hingga logistik. Jadi sudah bertaun-tahun, JNE dan Tiki ini berkembang dengan arah yang berbeda sehingga menjadi saingan. Tak lama kemudian, JNE menjadi perusahan sendiri dengan manajemen yang berbeda dan juga membuat logo sendiri untuk membedakan dari Tiki.

4.J&T

J&T ini memiliki slogan yaitu “Gratis Jemput di Tempat”. Dengan slogan tersebutlah malah akan menguntungkan para bisnis online yang mau mengirimkan barangnya tanpa harus datang ke agen. Jasa dari J&T ini banyak mendapat feedback positif dari setiap usaha online dalam mempercayakan pengiriman barang. Karena pemiliki usaha online itu cukup memanggil pihak agen, dan mereka pun akan datang untuk menjemput barang yang mau dikirimkan.

Yang membuat jasanya unik itu yaitu saat hari minggu, J&T ini tetap melakukan pengiriman dan tidak ada kategori khusus untuk pengiriman cepat. Tapi jangan salah, pengiriman barang tersebut malah bisa melebih paket kilat dari jasa pengiriman lainnya. Kita pun bisa mengunduh aplikasi J&T untuk melacak harga dan bisa melacak pengiriman.

5.Ninja Express

Ninja Express ini adalah perusahaan logistic dari Singapura yang terdapat dibeberapa negara seperti Amerika, Afrika, Timur Tengah, Turki hingga masuk ke Asia termasuk Indonesia. Ninja Express ini bisa mengirimkan lebih dari 15.000 paket setiap harinya.

Layanan mereka pun termasuk pengiriman yang cepat termasuk di luar Jakarka karena bisa hingga 4 sampai 7 hari kerja. Dengan slogan yang dimilikinya yaitu “Layanan Pengiriman Paket yang Mutakhir”, mereka telah menggunakan tekonologi yang canggih sehingga membuat setiap kliennya merasa special karena penandatangan penerimaan barangnya selalu melaui smparthon dan ada bukti onlinenya melalui email.

Meskipun terbilang bukan pengiriman yang cepat diluar Jakarta, yaitu waktu standar sekitar 4 – 7 hari kerja, pengiriman biasa tepat di hari ke-4 dengan pengantar atau disebut Ninja yang kemudian menyodorkan sebuah ponsel pintar untuk kita tanda tangani dan segera akan muncul laporan penerimaan barangnya melalui email penerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *