Destinasi Wisata Budaya untuk Mengisi Hari Libur

Halo Sobat SMP! Hari libur adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di luar kegiatan sekolah. Salah satu kegiatan yang direkomendasikan adalah berwisata budaya. Dengan berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki nilai budaya tinggi, kamu tidak hanya dapat bersenang-senang, tetapi juga dapat menambah pengetahuan mengenai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Berikut beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi untuk mengisi hari libur.

Sea World

Tak hanya wahana bermain yang seru, di tempat wisata Ancol kamu juga bisa mengenal kehidupan bawah laut yang beragam
ancolmall. Di Sea World kamu akan merasakan pengalaman liburan yang berbeda.

Di sini kamu bisa belajar seputar alam bawah laut. Tak hanya melihat konservasi ikan laut, di Sea World kamu juga bisa melihat konservasi ikan tawar. Selain itu, masih ada banyak spesies ikan populer hingga langka bisa disaksikan di sini.

Kamu bisa melihat sekitar 7.000 an biota air tawar yang ditampilkan dalam akuarium raksasa serta kolam-kolam terbuka. Sesekali kamu juga akan disajikan atraksi Feeding Show, yaitu aksi penyelam memberi makan biota laut.

Apabila kamu ingin mengenal lebih dekat biota laut, Sea World juga menyediakan kolam sentuh agar kamu bisa merasakan serunya berinteraksi langsung dengan biota laut. Lengkapnya fasilitas yang ditawarkan, tak heran kalau tempat wisata Ancol ini selalu ramai pengunjung.

Desa Wisata Saba Budaya Baduy

Sobat SMP mungkin sudah pernah mendengar mengenai suku Baduy. Suku ini bermukim di pedalaman Banten dan hidup secara terisolasi dari dunia luar. Kehidupan mereka sangat sederhana dan mereka sangat menyatu dengan alam sekitarnya. Kondisi alam yang masih alami dan kebudayaan yang ada di kampung suku Baduy menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

Kawasan wisata suku Baduy terletak di Desa Cibeo, Kabupaten Lebak, Banten, sekitar 40 kilometer dari Rangkasbitung. Desa tersebut menawarkan pesona alam yang masih asri dan kekayaan budaya suku Baduy yang masih sangat tradisional.

Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur, yang merupakan situs candi Buddha terbesar di dunia, telah diresmikan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas oleh pemerintah. Tempat wisata ini bukan hanya menjadi tujuan favorit wisatawan di dalam negeri, tetapi juga di seluruh dunia. Hingga tahun 2019, Borobudur telah berhasil menarik lebih dari 3 juta wisatawan, termasuk lebih dari 200 ribu turis asing.

Desa Adat Bawomataluo

Bawomataluo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, dan berada pada ketinggian 324 m di atas permukaan laut. Desa ini terkenal karena deretan rumah adat tradisional “Omo Hada” dan satu rumah adat yang cukup besar yang disebut dengan “Omo Sebua”. Desa Bawomataluo juga terkenal karena kebudayaan yang dimilikinya, salah satunya, yakni tradisi “Lompat Batu” atau Hombo Batu yang merupakan tradisi turun temurun di Nias. Dahulu, kegiatan tersebut merupakan latihan bagi para pemuda Nias untuk berperang melawan musuh.

 Istana Maimun

Istana Maimun merupakan istana peninggalan kerajaan Deli yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini dibangun pada 1888 oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang diarsiteki oleh kapten tentara Belanda bernama T.H van Erp. Desain bangunannya adalah perpaduan antara Indonesia, Persia, dan Eropa.

Istana Maimun dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar. Bangunannya memiliki luas sekitar 2.700 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Istana Maimun terbagi menjadi tiga bagian, yakni Balairung Seri Utama sebagai tempat sultan menerima tamu, serta sayap kanan dan kiri yang terdiri dari 30 ruangan. Pembangunan istana ini diperkirakan menghabiskan biaya ratusan ribu gulden dan rampung dibangun dalam tiga tahun.